5 Unsur Alam Dalam Gerakan Sholat



Hallo sobat Tak Dum Tess, gimana nih kabar kalian ? Mudah-mudahan sehat wal afiat ya. Oke kembali lagi pada topik diatas, kali ini saya mau ngebahas seputar gerakan sholat nih sobat. Postingan kali ini, mengambil salah satu sisi positif dalam film "Mama Cake". Ada kah dari kalian yang udah pernah nonton ?

Oke, kalo kalian belum nonton. Mending kita bahas aja disini, dengan tuntas setuntas-tuntasnya. Mungkin sobat Tak Dum Tess, penasaran apa aja si "5 Unsur Alam" itu ?

1. Takbiratul Ihram - Unsur Api
    Seperti yang kita ketahui, api bersifat vertikal sobat, memaknai sebuah ketegasan, dan melambangkan keberanian. Keberanian apa itu ? Salah satunya adalah keberanian dalam menggambil keputusan dan berani menghadapi kehidupan.

2. Rukuk - Unsur Angin

    Seperti yang kita ketahui sebelumnya, angin bertiup secara horizontal, membuat sebuah angan dan meluaskan imajinasi, tidak dapat kita lihat tapi bisa kita rasakan sobat. Tapi dalam hal ini berbeda dengan makna angin puting beliung ya sobat.

3. Sujud - Unsur Air
    Seperti yang kita ketahui sebelumnya dalam teori-teori ilmuwan, bumi mempunyai sebuah gravitasi, dan gravitasi itu menyebabkan benba-benda yang ada dibumi tertarik kedalam / bisa dibilang bilang ada di bumi, tertarik kebawah. Pada gerakan sujud. air melambangkan sifat kita yang harusnya rendah hati dan selalu fleksibel dalam melakukan sesuatu.

4. Duduk diantara 2 sujud - Unsur Gunung
    Pada gerakan kali ini melambangkan sebuah unsur dari gunung yang bersifat kokoh, kuat, tidak mudah digoyahkan dan menjaga bumi agar tidak goncang. Nah untuk pengetian menjaga bumi itu sama saja halnya pada menjaga iman kita sebagai umat muslim agar iman kita tidak mudah goyahkan.

5. Salam - Unsur Cinta
    Untuk yang unsur ini, kita pasti bisa merasakannya dalam kegiatan kita sehari-hari. Mungkin bila sobat pikirkan lagi, sobat Tak Dum Tess akan mengkomplain unsur yang satu ini. Tapi perlu sobat ketahui, unsur cinta adalah unsur yang tumbuh secara sendiri.

    Tanpa unsur cinta, sobat Tak Dum Tess tidak akan melakukan sesuatu yang sobat inginkan. Unsur cinta pada gerakan sholat kali ini adalah bermakna menyebarkan rahmat keseluruh alam semesta, kenapa bisa begitu ? Itu karena, salam adalah ucapan sebuah perdamaian bagi siapapun.

Tapi tidak sampai disitu aja sobat, ada 1 lagi unsur yang mempengaruhi kelima unsur alam tersebut. Bahkan unsur ini bisa lebih kuat dari api, lebih lembut dari angin, lebih fleksibel dari air, lebih kuat dari gunung, dan lebih hakiki dari cinta. Apa si itu ? Itu adalah Keikhlasan sobat. Tanpa unsur ini, kelima unsur diatas bukan lah apa-apa.

Keiklasan dalam melakukan sesuatu, dapat mempresintasikan kesuksesan seseorang. Bila keikhlasan seseorang rendah, maka presentasi kesuksesannya rendah. Tetapi, apabila keikhlasan seseorang tinggi, maka presentasi kesuksesannya akan tinggi pula.

Sama halnya pada aseseorang yang melaksanakan sholat, bila orang itu ikhlas dalam sholatnya, maka akan mudah diterima oleh Allah Swt.. Berbeda dengan orang yang sholat tetapi tidak ikhlas, itu berarti tidak bermakna apa-apa.

Mungkin cukup segitu ya sobat Tak Dum Tess. Bila sobat Tak Dum Tess menemukan unsur alam lagi dalam gerakan Sholat kita,  bisa dong berbagi dengan cara komentar di postingan ini. Walaupun nanti akan membingungkan. Mungkin bisa kita bahas di postingan yang akan datang.
Previous
Next Post »

10 komentar

Click here for komentar
HEROKID
admin
21 June 2015 at 00:49 ×

bismillah semoga setelah baca artikel ini saya diberi hidayah :) aamiin :) makasih loh gan infonya sangat bermanfaat :) baru tahu saya ada unsur alamnya :)

Reply
avatar
21 June 2015 at 00:57 ×

Aamiin ya rabbal alamin, sama-sama gan :D

Reply
avatar
Unknown
admin
21 June 2015 at 01:01 ×

Wah sangat bermanfaat sekali. Apalagi solat itu wajib dan fatal jika ditinggalkan :)

Reply
avatar
21 June 2015 at 01:03 ×

Betul banget tuh gan :)

Reply
avatar
Unknown
admin
21 June 2015 at 01:13 ×

bagus bangat artikelnya izin bookmark ya siapa tau suatu saat butuh :D

Reply
avatar
21 June 2015 at 01:14 ×

Oh iya silahkan gan :D

Reply
avatar
21 June 2015 at 01:15 ×

Subhanallah :) baru tau ane kalo ada unsur alamnya gan, makasih infonya :D

Reply
avatar
Unknown
admin
21 June 2015 at 01:16 ×

wahh mantapz nih gan,,ane baru tau gan :) Infonya sngt bermanfaat gan :) Thanks udh share...

Reply
avatar
21 June 2015 at 23:54 ×

Iya gan, sama-sama :)

Reply
avatar