Mengenal Lebih Dekat HTML5



Hallo sobat Tak Dum Tess, gimana nih kabar kalian semua ? Semoga sehat wal afiat ya sobat. Oke, kali ini saya mau ngasih sedikit info nih seputar HTML. Tapi untuk kali ini bukan HTML yang biasanya, tetapi HTML5.

Yap, kembali lagi ke topik postingan. HTML5 adalah standar baru dari HTML sobat. HTML sebelumnya yaitu HTML 4.01 yang muncul pada tahun 1999. Seperti yang kita tau sobat, belakangan ini, internet mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Dan untuk itulah HMTL5 didesign agar semua kebutuhan user tanpa plugin tambahan.

Kalo sobat Tak Dum Tess nanya, apa saja kebutuhannya ? Kebutuhannya adalah untuk menampilkan animasi, menjalankan aplikasi, memutar musik dan juga film. HTML5 juga cross-platform, artinya kita dapat menjalankannya diberbagai platform dan device seperti tablet, smartphone, netbook, laptop dan juga Smart TV.

Sejarah HTML5
HTML5 adalah hasil kerja sama antara World Wide Web Consortium (W3C) dengan Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG)loh sobat. Mungkin sobat sudah tau sebelumnya, WHATWG berkerja dalam pengembangan aplikasi web, sedangkan W3C berkerja dengan XHTML. Menurut berita kabar, WHATWG dan W3C sepakat untuk berkerjasama dalam membentuk HTML versi yang barunya loh sobat.

Elemen-elemen yang dihilangkan pada HTML5
Sepertinya kita ketahui sebelumnya sobat, pada HTML yang biasa kita gunakan sangatlah banyak elemennya. Tetapi pada HTML5 ada beberapa elemen yang dihapus. Apa aja sih itu ?
1. <acronym>
2. <applet>
3. <basefont>
4. <big>
5. <center>
6. <dir>
7. <font>
8. <frame>
9. <frameset>
10. <noframes>
11. <strike>
12. <tt>
Fitur-fitur baru pada HTML5
Kalo ngomongin yang baru keluar, pasti gak lepas dengan hal-hal yang baru juga. Sama halnya pada HTML5 ini, HTML5 juga mengeluarkan fitur-fitur yang baru sobat. Apa aja sih itu ?
1. Elemen <canvas> untuk menggambar 2D
2. Elemen <video> dan <audio> untuk pemutaran multimedia
3. Mendukung penyimpanan pada computer local Support
4. Elemen-elemen baru muncul, seperti halnya <article>, <footer>, <header>, <nav>, dan juga <section>
5. Kontrol form baru seperti calender, date, time, email, url, dan juga search sudah tersedia.
Gimana nih sobat ? Mengenai pengenalan HTML5 ? Ya sedikit-sedikit mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kalian ya. Kalo ada yang ingin memberikan pengetahuan dan menanyakan sesuatu tentang HTML5, langsung aja komentar pada kolom dibawah.
Previous
Next Post »

9 komentar

Click here for komentar
22 June 2015 at 00:40 ×

sangat bermanfaat gan :D :-bd

Reply
avatar
UMars
admin
22 June 2015 at 00:44 ×

wiih :-d baru tau gan ane nggak ngerti soal HTML5. tapi ane udah agak ngerti dikit gan

Reply
avatar
aliridho
admin
22 June 2015 at 00:58 ×

keren gan artikelnya..(y)

Reply
avatar
Unknown
admin
22 June 2015 at 01:11 ×

ini dia yang ane cari2, nice share gan!

Reply
avatar
23 June 2015 at 21:05 ×

Saya aja lagi belajar HMTL5 mas :D

Reply
avatar
23 June 2015 at 21:11 ×

Oke gan :D Silahkan :D

Reply
avatar