Bukti Betapa Hebatnya Peradaban Indonesia


Hallo sobat Tak Dum Tess sekalian, gimana nih kabar kalian semua ? Mudah-mudahan sehat wal afiat ya. Oke kembali lagi dengan saya sebagai admin, kali ini saya mau ngasih tau ke sobat sekalian nih, bukti-bukti bahwa peradaban Indonesia, sangat lah luar biasa.

Mungkin bisa kita sebut, bahwa peradaban Indonesia adalah peradaban paling maju di muka bumi ini. Kenapa sih bisa saya bilang begitu ? Itu karena banyaknya bukti-bukti yang ditemukan bahwa peradaban Indonesia sangatlah berbeda dari yang lainnya. Selain itu, ilmuwan juga menganggap bahwa Indonesia adalah bagian dari wilayah Atlantis yang hilang. Untuk yang ini, sobat Tak Dum Tess sekalian boleh percaya dan boleh tidak.

Oke, udah dulu basa-basinya. Mungkin sobat sekalian udah pada penasaran ya. Hahahaha, yaudah sobat, langsng kita simat aja nih bukti-bukti bahwa peradaban indonesia itu adalah peradaban yang hebat.

1. Teknologi Pengairan - Candi Borobudur, Magelang.



Kalau sobat sering buku-buu sejarah, pada teknologi ini sangatlah banyak digunakan oleh kerajaan-kerajaan kuno di Indonesia. Untuk bukti yang satu ini, bahkan tidak kalah hebat oleh peradaban sekarang yang ada dinegara-negara maju di dunia sobat Tak Dum Tess. Untuk contohnya, saya mengambil contoh gambar patung Makara atau ikan berkepala gajah yang ada di candi Borobudur yang berfungsi sebagai talang air pada masa itu.

2. Sistem Pengairan - Candi Tikus, Mojokerto.



Pada bukti yang satu ini, membuktikan bahwa hebatnya peradaban Indonesia pada masa itu untuk mengatur debit air yang dialirkan. Untuk contohnya, saya mengambil contoh pada candi Tikus. Kenapa demikian ? Karena setelah diusut, candi tikus pada masa kerajaan majapahit berfungsi sebagai pengatur debit air. Bila air telah melebihi batas yang ditentukan, maka secara langsung air akan di alirkan kesungai-sungai. Gimana ? Gak kalah keren kan sama kanal bawah tanah negara barat sobat ?

3. Sistem Pemusatan Pemerintahan - Kompleks Istana Ratu Boko, Sleman.



Walaupun di negara-negara eropa banyak yang menggunakan sistem pemerintahan kerajaan pada dahulu, tetapi beda halnya dengan di Indonesia. Kalau di negara-negara eropa dulu menyerahkan pemerintahan setiap kota kepada walikota, di Indonesia justru menyerankan pemerintahan tetap ke raja tersebut. Untuk pada bangunannya, sistem pemerintahan negara-negara eropa sama dengan pemerintahan di Indonesia yang tersusun rapi dari istana, pasar dan lain-lainnya sobat.

4. Situs Terbesar - Gunung Padang, Cianjur.



Untuk bukti yang satu ini, peradaban Indonesia tidak kalah maju dengan yang dimesir yaitu piramida Giza. Kenapa sih mengambil contoh situs gunung padang, ini karena luas pada kompleks utamanya yaitu sekitar 900 m² dan memiliki ketinggian 885 mdpl. Selain itu, situs gunung pada juga memiiki luas areal ekiar 3 ha. Bila kita perkirakan, mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membuat situs ini sobat. Apalagi membuat bagian puncak pada situs ini, pastinya bukan perkara mudah bagi pekerjanya.

5. Sistem Hukum atau Aturan-aturan - Kitab Negarakertagama, Kerajaan Majapahit.



Seperti yang kita ketahui sebelumnya, pada negara-negara dieropa banyak pada masa kuno telah menggunakan hukum-hukum untuk mengatur kerajaanya. Tetapi bukan hanya kerajaan-kerajaan dieropa saja yang melakukan hal tersebut. Kerajaan di Indonesia pun juga mempunyai aturan-aturan untuk hal itu. Lebih tepatnya, aturan-aturan itu untuk memberikan penunjuk pada raja yang memerintah agar bisa mensejahterakan rakyatnya sobat.

6. Sistem Perniagaan - Gunung Padang, Cianjur.



Sebelum adanya sistem perniagaan, sudah ada terlebih dahulu yaitu barter. Barter adalah hal yang dilakukan oleh peradaban dulu untuk mendapatkan barang yang orang lain inginkan. Setelah barter, baru lah muncul sistem perniagaan yang menggunakan koin sobat Tak Dum Tess. Pada kerajaan-kerajaan dieropa maupun ditimur tengah, merekan menggunakan emas dan perak sebagai koin mereka. Sama halnya pada peradaban Indonesia dulu, yang menggunakan emas dan perak. Tapi untuk contoh yang kali ini, saya memberikan koin dari zaman megalitikum, tapi jujur saya tidak tahu itu jenis koin apa.

7. Persenjataan - Gunung Padang, Cianjur.



Oke, untuk bukti yang satu ini. Mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga sobat Tak Dum Tess, khususnya yang suka dengan dunia kemiliteran nih sobat. Yap, bukti kali ini adalah bukti persenjataan. Banyak kerajaan-kerajaan menggunakan persenjataan untuk melakukan peperangan, hal itu juga sama yang ditemukan dan catatat oleh sejarah di Indonesia. Tetapi di Indonesia bukan hanya digunakan untuk berperang, tetapi juga digunakan untuk bercocok tanam. Contoh yang kali ini saya ambil adalah kujang sobat.

8. Teknologi Perekat atau Semen - Gunung Padang, Cianjur.



Mungkin pada jaman sekarang banyak perusahaan-perusahaan yang menjual semen hasil mereka untuk bangunan. Tapi coba bayangkan bagaimana bila semen itu ada pada peradaban dulu. Kalau difikir-fikir sobat, ini sangatah luar biasa sobat. Karna sangat jarang, adanya semen pada masa itu, bahkan bisa dibilang tidak ada sama sekali. Tetapi ditemukan sesuatu yang menggemparkan, bahwa pada pembangunan gunung padang, menggunakan semen purba. Gimana sobat ? Luar biasa kan ?

9. Lukisan - Gua Maros, Sulawesi Selatan.



Nah, untuk yang terakhir ini, saya mau memberi conton lukisan pada gua laros sobat. Kenapa demikian ? Karena setelah diuji karbon oleh para arkeolog, usia lukisan tersebut diperkirakan berumur lebih dari 40.000 tahun loh. Ini bisa membuktikan betapa hebatnya peradaban Indonesia dari pada peradaban di Eropa.

Gimana nih sobat Tak Dum Tess sekalian ? Hebat bukan peradaban Indonesia. Mungkin ini hanyalah segelintir bukti yang saya bisa paparkan, diluar sana pasti masih banyak penemuan-penemuan yang belum ditemukan dan munkin saja lebih maju dari yang lainnya.

 Selain itu, saya mohon maaf apabila ada ketidak cocokan dengan penemuan-penemuan yang aslinya ditemukan. dan selain itu saya juga mohon maaf apabila hanya memberikan contoh pada satu buah situs yang itu saja.

Oke, cukup segini dulu ya sobat Tak Dum Tess. Mungkin kalo sobat punya referensi yang baru bisa komentar dibawah. Dan apabila saya ada kesalahan dalam menjabarkan hal diatas, mohon dibetulkan dengan memberikan komentar dikolom komentar. Cintai Sejarah, Cinta Indonesia.
Newest
Previous
Next Post »

41 komentar

Click here for komentar
27 June 2015 at 01:29 ×

Candi borobudur itu bukannya yang bertingkat keatas itu ya gan? ko ini bedaa ya? hmmm..

Reply
avatar
27 June 2015 at 01:33 ×

Untuk contoh gambar yang diatas, itu berada dibawah candinya gan ..
dan dibagian tangga awal gan :)

Reply
avatar
Unknown
admin
30 June 2015 at 00:57 ×

wahh ternyata Indonesia hebat,,ane baru tau nihh :) Thanks gan udh share...

Reply
avatar
beritekhno
admin
30 June 2015 at 01:06 ×

wah jadi makin bangga di negara ini :D

Reply
avatar
Unknown
admin
30 June 2015 at 01:07 ×

Menarik dan bermanfaat gan, thanks juga udah nambah wawasan

Reply
avatar
30 June 2015 at 01:13 ×

Memang benar indonesia kaya akan peradaban, tapi peradaban tersebut belum bisa diolah baik oleh pemerintah menjadi obyek wisata yang menghasilkan

Reply
avatar
30 June 2015 at 01:23 ×

kalau dari peradaban indonesia memang kental sekali dari sejarahnya

Reply
avatar
Unknown
admin
30 June 2015 at 01:27 ×

I LOVE INDONESIA, begitu banyak keistimewaan yang tersembunyi dari indonesia. negara lain aja pada iri sama kekayaan Indonesia betul kan betul ? :D

Reply
avatar
30 June 2015 at 01:30 ×

Gunung Padang memang punya teknologi tinggi. Saya sudah hampir 2 tahun ini selalu cari artikel tentang Gunung Padang. Nice article !!

Reply
avatar
3 July 2015 at 00:44 ×

Sama gan, saya juga makin bangga :D

Reply
avatar
3 July 2015 at 00:45 ×

Betul banget tuh gan :/

Reply
avatar
3 July 2015 at 00:46 ×

Betul banget tuh gan :)

Reply
avatar
3 July 2015 at 00:47 ×

Betul gan :D Bahkan Amerika sekalipun :D

Reply
avatar
Unknown
admin
5 July 2015 at 02:06 ×

Nice

Visit My Blog: BlogStoc.com

Reply
avatar
UMars
admin
5 July 2015 at 02:08 ×

waah indonesia emang sangat hebat gan (y) . thanks infonya ya

Reply
avatar
Arta Darma
admin
5 July 2015 at 02:11 ×

jadi bangga ama indonesia..

Reply
avatar
Admin
admin
5 July 2015 at 02:12 ×

Wahh.. daridulu emg kaya beginian gan yang bikin ane makin cinta INDONESIA :D

Reply
avatar
5 July 2015 at 02:15 ×

Betul banget tuh gan :D

Reply
avatar
5 July 2015 at 02:18 ×

Betul tuh gan :D Ane juga makin cinta :D

Reply
avatar
Unknown
admin
5 July 2015 at 03:01 ×

wah menarik gan, nice artikel

Reply
avatar
Unknown
admin
8 July 2015 at 22:15 ×

thanks gan nice info nih bisa saya share ijin ya gan

Reply
avatar
Unknown
admin
9 July 2015 at 00:08 ×

indonesia itu hebat. sangking orngnya aja yg ga mau ngakuin

Reply
avatar
9 July 2015 at 00:12 ×

Betul banget tuh gan, dan lebih mirisnya lagi, mereka lebih suka yang ada diluar negeri ...

Reply
avatar
Unknown
admin
9 July 2015 at 00:16 ×

baru tahu ane gan, maklum ane enggak suka pelajaran sejarah dan bukan anak ips

Reply
avatar
9 July 2015 at 00:20 ×

Hahahaha gak suka sejarah :v

Reply
avatar
Daniel Lim
admin
9 July 2015 at 00:21 ×

Sebenarnya Indonesia itu negara yang hebat namun karena beberapa warisan psikologis penjajah yang buruk tertanam di generasi sekarang, Indonesia menjadi kurang diperhatikan. Artikel yang mencerahkan :)

Reply
avatar
9 July 2015 at 00:28 ×

Bener banget tuh gan, kekejaman jepang yang super berlebihan -_-

Reply
avatar
9 July 2015 at 00:35 ×

Wah bener banget tuh gan, ane bahkan baru tau dari blog ini tentang hebatnya peradaban indonesia.. makasih gan sangat bermanfaat :)

Reply
avatar
Unknown
admin
11 September 2015 at 17:40 ×

bikin post lagi han :v

Reply
avatar
16 September 2015 at 07:23 ×

Iya, doakan saja semoga ada waktu buat ngeblog lagi :)

Reply
avatar
Alul Stemaku
admin
28 October 2015 at 08:49 ×

keren.. indonesia penuh sejarah

Reply
avatar
19 May 2016 at 03:13 ×

Iya gan :D Indonesia itu ibarat negeri dongeng

Reply
avatar
Unknown
admin
14 December 2017 at 07:32 ×

Bagi pembaca yang hobI bermain TOGEL yuk bergabung di
POIN 4D

TOGEL ONLINE TERBAIK DI INDONESIA

KELEBIHAN :
BONUS REFERRAL 2 %
LUCKY SPIN
BAYARAN HINGGA 1 MILIAR LEBIH !!!
DEPOSIT & WITHDRAW DI MULAI DARI IDR 20.000
MAINKAN DI GADGET KESAYANGAN ANDA
6 PASARAN TERBAIK : SYDNEY - RAJAAMPAT - SINGAPORE - BALI - IBIZA - HONGKONG

DISKON BETTING :
* 2D-29%
* 3D-59%
* 4D-66%

SUPOERT BANK : BCA BNI BRI MANDIRI



INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI SANA DOMINO DI :

* LIVE CHAT 24 JAM ONLINE - WWW,POIN4D,COM
* BBM : 7B83E334
* LINE : +85598291698
* WHATAPP : +85598291698
* SKYPE : Poin.4D
* YAHOO : Poin_4D

Reply
avatar