Kurang Istirahat, Apakah Masih Boleh Untuk Berolahraga ?



Hallo sahabat Tak Dum Tess, kembali lagi dengan saya. Gimana kabar kalian ? Mudah-mudahan sobat Tak Dum Tess sehat semua ya, aamiin. Oke, kali ini saya mau ngebahas seputar kesehatan nih.

Seperti yang kita tau sobat, memiliki kegiatan olahraga yang rutin, terbukti dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh kita, yaitu menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit ke tubuh kita sobat.

Namun, olahraga membutuhkan kecukupan energi dalam tubuh kita. Jadi, gimana kalo kita sedang kurang istirahat? Apakah masih boleh untuk melakukan aktivitas olahraga?

Menurut seorang dokter yang bernama Nina Amelia, pada laman Meetdoctor.com, ia mengatakan bahwa olahraga sebenarnya tetap diperbolehkan, meskipun Anda sedang kurang beristirahat. Namun, menurut Nina lagi, semuanya bergantung pada intensitas dan jenis olahraga yang kita pilih.
"Olahraga tetap membutuhkan energi yang sesuai, dengan ringan atau beratnya kegiatan tersebut," ungkap Nina. "Olahraga berintensitas ringan lebih dianjurkan saat Anda merasa kurang fit atau kurang istirahat. Lalu, pastikan kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh Anda itu terpenuhi."
Jenis olahraga ringan yang dimaksud oleh dokter nina adalah jalan santai, bersepeda, atau renang. Yang terpenting, adalah untuk selalu melakukan pemanasan agar tidak terjadinya keram atau bisa disebut tegang otot.
"Jangan lupa pemanasan sebelum berolahraga, dan pendinginan sesudahnya, agar tidak cedera," katanya. Namun, jika sobat merasa pusing atau makin lemas, alangkah baiknya bisa sobat Tak Dum Tess untuk segera beristirahat dan tidak memaksakan diri.
Hal ini adalah sebuah upaya agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan kita, sobat. Bila keram otot atau tegang otot sudah terjadi, alangkah baiknya bila kita meluruskan kaki agar keram otot menjadi reda.

Jadi sobat Tak Dum Tess, jangan takut lagi untuk berolahraga walaupun kurang aktivitas. Walaupun begitu, kita harus tetap berhati-hati dan tidak memaksakan kehendak bisa tubuh sudah menolok apa yang kita ingin lakukan.

Keyword : 
Seputar kesehatan, Kurang istirahat boleh olahraga ? Dokter Nina Amelia, Meetdoctor.com, Jenis olahraga ringan, keram otot / tegang otot, Pemanasan, Pendinginan, dan Kurang aktivitas.
Previous
Next Post »

11 komentar

Click here for komentar
admin
admin
24 May 2015 at 02:10 ×

klo kurang sehat, menurut saya sih ttp ajja olahraga , tapi jangan terlalu dipaksakan,,

Reply
avatar
24 May 2015 at 02:15 ×

Iya gan betul, persis seperti yang Dr. Nina bilang ..

Reply
avatar
BITTER
admin
25 May 2015 at 19:19 ×

makasih bang infonya :D , bener banget bang kalau olahraga jangan sampai dipaksa kalau tubuh sudah ndak kuat

Reply
avatar
25 May 2015 at 19:22 ×

Iya gan, betul bangt itu .. Bahayanya malah jadi tipes nanti

Reply
avatar
Unknown
admin
27 May 2015 at 02:41 ×

Pemanasan itu wajib, entah sehat atau kurang sehat.. soalnya kalau keram repot cuy

Reply
avatar
29 May 2015 at 00:49 ×

Betul itu gan, abis pemanasan langsung pendinginan deh..

Reply
avatar
Unknown
admin
1 June 2015 at 07:43 ×

terima kasih infonya. sangat bermanfaat

Reply
avatar
1 June 2015 at 07:50 ×

Oke gan, sama-sama .. Semoga bermanfaat :)

Reply
avatar
Berbagi
admin
3 June 2015 at 06:43 ×

Nice infonya. Gan

Reply
avatar
Unknown
admin
25 May 2018 at 08:40 ×

mantab betul abang ini

Reply
avatar